FH Universitas Jember Menggelar Peluncuran Sembilan Buku Karya Dosen, Dihadiri oleh Wakil Ketua MK

Fakultas Hukum Universitas Jember mengadakan acara peluncuran sembilan buku karya para dosen pada tanggal 31 Maret 2022 di gedung auditorium Fakultas Hukum. Peluncuran buku ini dihadiri oleh Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Prof. Saldi Isra, yang memberikan sambutan yang sangat memotivasi para dosen untuk menulis lebih banyak buku lagi.

Prof. Saldi Isra menekankan pentingnya menulis buku karena membuat posisi FH yang jauh dari pusat kekuasaan dapat didengar. Selain itu, menulis buku juga memaksa dosen untuk terus meneliti sehingga menghidupkan tradisi akademik di perguruan tinggi. Prof. Saldi Isra memberikan contoh bagaimana tokoh seperti Plato atau Ibnu Sina yang sudah wafat ratusan bahkan ribuan tahun lalu, namun nama dan pemikiran mereka masih dikaji karena mereka sudah menuangkan pemikirannya menjadi buku. Buku seperti prasasti yang akan selalu dikenang oleh masyarakat.

Khusus bagi mahasiswa Fakultas Hukum, kemampuan menulis adalah salah satu dari tiga kemampuan dasar selain kemampuan berbicara dan menyebarkan ide. Menulis bagi seorang penulis itu untuk menjaga keberlanjutan peradaban, seperti yang disampaikan oleh filsuf Albert Camus. Oleh karena itu, FH Universitas Jember menyediakan dana stimulus sebesar lima belas juta rupiah bagi dosen yang mau menulis buku.

Kesembilan buku yang diluncurkan diantaranya Politik Hukum Pidana Dalam Perlindungan Korban Kejahatan Ekonomi di Bidang Perbankan karya Prof. M. Arief Amrullah, Marginalization And Human Rights in SouthEast Asia karya Al Khanif Dkk, Filsafat Hukum Klasik karangan Prof. Dominicus Rato Dkk. Setelah peluncuran buku, digelar diskusi yang menghadirkan dosen dan penulis buku Prof. M. Arief Amrullah yang banyak menceritakan pengalaman menulis buku dan editor senior Raja Grafindo, Yayat Sri Hayati.

Buku teks bagi mahasiswa adalah salah satu buku yang diminati, mengingat selalu dibutuhkan oleh mahasiswa. Oleh karena itu pihak FH Universitas Jember selalu mengambil langkah aktif mencari buku teks bermutu ke kampus-kampus, salah satunya ke Universitas Jember. Pencapaian yang membanggakan bagi FH Universitas Jember adalah jurnal ilmiah mereka, Jurnal Lentera Hukum, sudah terindeks Scopus. Hal ini menjadi pemicu agar FH Universitas Jember makin berprestasi.

Sebelumnya, FH Universitas Jember juga mengadakan peluncuran sebagai anggota Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) ke dua puluh lima di Indonesia. Dengan masuknya FH Universitas Jember dalam sistem JDIH, para dosen dan mahasiswa bisa mengakses berbagai produk hukum di Indonesia. Seluruh data dan informasi di JDIH dapat dipertanggungjawabkan keabsahannya, sehingga FH Universitas Jember bisa menyumbangkan produk hukum ke JDIH.

Peluncuran sembilan buku karya dosen FH Universitas Jember juga menjadi bukti eksistensi FH Universitas Jember. Karya buku ini menjadi salah satu amal akademis mereka selain sumbangsih lainnya. Selain itu, prestasi FH Universitas Jember dalam bidang akademik terus berkembang, terbukti dengan indeksasi jurnal ilmiah mereka di Scopus.

Rektor dan Wakil Rektor I Universitas Jember hadir dalam acara peluncuran sembilan buku karya dosen FH Universitas Jember yang merupakan wujud dukungan mereka terhadap kegiatan akademik yang dilakukan oleh FH Universitas Jember.

Acara peluncuran buku dan bergabungnya FH Universitas Jember dalam sistem JDIH merupakan bukti nyata bahwa FH Universitas Jember telah mempunyai komitmen yang kuat untuk terus meningkatkan kualitas akademiknya. Mereka berupaya untuk menjadi bagian dari upaya pemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia.

FH Universitas Jember mempunyai visi dan misi yang jelas, yaitu menjadi Fakultas Hukum yang berkualitas dan berwawasan global dalam rangka menghasilkan lulusan yang berakhlak mulia, berintegritas tinggi, dan mampu bersaing di era global. Oleh karena itu, FH Universitas Jember berusaha untuk meningkatkan kualitas akademiknya dengan berbagai upaya, salah satunya dengan menggelar peluncuran buku karya para dosennya.

Diharapkan, kegiatan peluncuran buku karya dosen FH Universitas Jember dan bergabungnya mereka dalam sistem JDIH dapat menjadi inspirasi bagi perguruan tinggi lainnya di Indonesia untuk terus berupaya meningkatkan kualitas akademik dan mendorong para dosen untuk menulis buku sebagai wujud kontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia.

Selain itu, upaya untuk meningkatkan kualitas akademik dapat membantu meningkatkan daya saing perguruan tinggi di Indonesia dalam kancah global. Dengan adanya buku-buku karya para dosen, maka perguruan tinggi dapat menjadi sumber pengetahuan yang bermanfaat bagi masyarakat luas, baik di dalam maupun di luar negeri.

Hal ini juga sejalan dengan arahan pemerintah yang menekankan pentingnya peningkatan kualitas SDM melalui pendidikan dan penelitian. Oleh karena itu, setiap perguruan tinggi di Indonesia harus terus berupaya meningkatkan kualitas akademiknya agar dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas dan mampu bersaing di kancah global.

Dalam hal ini, FH Universitas Jember telah memberikan contoh yang baik dengan menggelar peluncuran buku karya para dosennya. Kegiatan ini dapat memotivasi para dosen lainnya untuk menulis buku sebagai wujud kontribusi mereka dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia.

Dalam rangka meningkatkan kualitas akademik, perguruan tinggi juga perlu berupaya untuk terus memperluas jejaring kerja sama dengan perguruan tinggi dan lembaga lainnya baik di dalam maupun di luar negeri. Dengan terjalinnya kerja sama yang baik antar lembaga, maka dapat tercipta suasana akademik yang lebih dinamis dan berkesinambungan.

Dalam hal ini, bergabungnya FH Universitas Jember dalam sistem JDIH merupakan langkah yang sangat baik karena dapat memperluas akses bagi para dosen dan mahasiswa untuk mengakses berbagai produk hukum di Indonesia. Seluruh data dan informasi di JDIH dapat dipertanggungjawabkan keabsahannya, sehingga dapat dijadikan sebagai sumber referensi yang berkualitas bagi para dosen dan mahasiswa.

Dengan demikian, upaya untuk meningkatkan kualitas akademik harus terus dilakukan oleh setiap perguruan tinggi di Indonesia agar dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas dan mampu bersaing di kancah global. Dengan adanya kegiatan peluncuran buku karya dosen FH Universitas Jember dan bergabungnya mereka dalam sistem JDIH, diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi perguruan tinggi lainnya di Indonesia untuk terus berupaya meningkatkan kualitas akademiknya dan berkontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia.