Fakultas Psikologi Universitas Dipongero (UNDIP) memberikan pelatihan kepada orangtua siswa di KB – TK Islam Terpadu Bina Insani, Kelurahan Sumurboto, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertema “Pelatihan Komunikasi Efektif dan Kompetensi Diri Anak dalam Keluarga” dan bertujuan untuk memberikan edukasi kepada orangtua tentang bagaimana membangun komunikasi efektif dan kompetensi diri anak di dalam keluarga.

Dalam kegiatan pengabdian ini, Tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Psikologi UNDIP, yang dipimpin oleh Dra. Darosy Endah Hyosyamina, M.Pd., memberikan ceramah tentang pentingnya komunikasi efektif dan pengembangan kompetensi diri anak di dalam keluarga. Mereka menyadari bahwa keluarga memiliki peran penting dalam membentuk karakter anak, dan orang tua berperan kunci dalam perkembangan anak.

Menurut Darosy, “Parenting yang melibatkan komunikasi yang efektif dan pengembangan kompetensi diri anak dalam keluarga dapat berdampak positif pada masa depan anak.”

Yeniar menambahkan, “Orang tua perlu berperan sebagai teman lebih dulu sebelum berperan sebagai orang tua anak,” untuk menciptakan lingkungan di mana anak merasa nyaman dan terbuka.

Kegiatan ini dihadiri oleh tim dosen dan mahasiswa Fakultas Psikologi UNDIP dan berlangsung dengan baik. Orang tua aktif berpartisipasi, bertanya, dan mengikuti tes sebelum dan setelah acara untuk mengukur peningkatan pemahaman mereka.

Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Fakultas Psikologi UNDIP berharap untuk terus menyelenggarakan kegiatan serupa di masa depan. Ini sejalan dengan visi Fakultas Psikologi untuk menjadi pusat pengembangan psikologi berbasis keluarga di Indonesia yang adaptif terhadap perubahan zaman di Asia Tenggara pada tahun 2025. Mereka berharap bahwa upaya ini akan terus berdampak positif pada pengembangan keluarga di Indonesia, terutama dalam konteks pengasuhan anak.