Site icon Berita Dosen

Dosen Muda IAIN SAS Babel Berhasil Terpilih Menjadi Penulis Naskah Khotbah Jumat Nasional

Kemenangan Muhammad Amin, seorang dosen muda dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung, di Seleksi Nasional Penulis Naskah Khotbah Jumat Kementerian Agama RI tidak bisa disangkal lagi. Kementerian Agama RI mengumumkan hasil seleksi tersebut pada Kamis hingga Minggu, 27-30 April 2023. Pemenangnya adalah Muhammad Amin, M.Ag, Kaprodi Pariwisata Syariah di IAIN SAS Babel, yang merupakan satu-satunya peserta dari Bangka Belitung yang berhasil lolos dan terpilih sebagai penulis naskah khutbah Jumat Kemenag RI.

Menurut Amin, kemenangan ini adalah anugerah dari Tuhan dan ia berkomitmen untuk menjalankan tugasnya sebagai penulis naskah khotbah Jumat Kemenag RI dengan semangat yang tinggi dan penuh tanggung jawab.
“Allahmdulillah, setelah melalui tahapan seleksi nasional, saya merasa sangat bersyukur terpilih sebagai penulis naskah khotbah Jumat Kemenag RI. Ini adalah kesempatan yang berharga bagi saya untuk menghasilkan karya yang berkualitas dan menarik sesuai harapan Kemenag RI. Saya berharap pesan-pesan agama dalam naskah khotbah ini dapat membawa manfaat bagi masyarakat dan mencerminkan urgensi agama dalam kehidupan sehari-hari,” kata Amin.

Amin menegaskan bahwa naskah khotbah Jumat harus aktual, responsif terhadap isu-isu yang sedang terjadi di tengah-tengah masyarakat. Naskah tersebut juga harus mampu membawa pesan-pesan agama dalam pusaran peradaban.
“Saya berharap bisa memberikan kontribusi positif bagi kampus IAIN SAS Babel dan juga menjadi motivasi bagi rekan-rekan civitas akademik IAIN SAS Babel. Sebelumnya, saya juga berhasil menjadi juara III Khutbah Jumat Nasional dalam event MTQ Korpri di Padang Tahun 2022 sebagai perwakilan dari Provinsi Bangka Belitung”, tambah Amin.
Kegiatan seleksi ini diikuti oleh 358 peserta dari berbagai provinsi di Indonesia. Kementerian Agama RI menilai Amin layak dipilih karena terbukti mampu menghasilkan karya yang berkualitas dan menarik perhatian.

Rektor IAIN SAS Babel yang diwakili oleh Wakil Rektor Prof. Dr. H. Hatamar, M.Ag mengucapkan selamat atas keberhasilan Muhammad Amin di Seleksi Nasional Penulis Naskah Khotbah Jumat Kementerian Agama RI.
“Kami sangat bangga dengan keberhasilan Muhammad Amin sebagai satu-satunya peserta dari Bangka Belitung yang berhasil lolos dalam seleksi ini. Kami berharap prestasi Muhammad Amin dapat memberikan inspirasi dan motivasi bagi dosen dan ASN lainnya di IAIN SAS Babel. Kami juga berharap agar potensi dosen yang lain dapat berkarya dan berprestasi untuk mengharumkan nama institusi yang kita cintai ini”, kata Hatamar.

Kemenangan Muhammad Amin ini sekaligus membuka peluang bagi IAIN SAS Babel untuk lebih dikenal oleh masyarakat luas karena karya-karya cemerlang yang dihasilkan oleh dosen dan mahasiswanya. Oleh karena itu, IAIN SAS Babel juga turut berpartisipasi dalam memberikan dukungan dan apresiasi kepada Muhammad Amin atas pencapaiannya.

Melalui kemenangan ini, Muhammad Amin juga telah membuktikan bahwa dosen muda di Indonesia juga bisa berkarya dan berprestasi tinggi di tingkat nasional. Ia memberikan motivasi dan inspirasi bagi dosen-dosen muda lainnya untuk meningkatkan kompetensinya dan giat berkreasi agar dapat menghasilkan karya-karya yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

Dari kemenangannya di Seleksi Nasional Penulis Naskah Khotbah Jumat Kementerian Agama RI, Muhammad Amin telah menunjukkan bahwa pencapaian yang gemilang bisa diraih asalkan didukung oleh kemampuan yang baik dan semangat yang kuat.

Exit mobile version