Site icon Berita Dosen

Dosen MIPA Universitas Samudra Adakan Pelatihan Pembuatan Deodorant Tawas dari Daun Kari di Desa Jamur Labu

Dosen dari Jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Universitas Samudra (Unsam) mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) tahun 2024 di Desa Jamur Labu, Kecamatan Rantau. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya membangun Tridarma Perguruan Tinggi, dengan memberikan pelatihan pembuatan deodorant stick tawas berbahan dasar daun kari yang memiliki sifat anti bakteri.

Pelatihan yang berlangsung pada 1 September 2024 ini melibatkan dosen dan mahasiswa MIPA UNSAM, yaitu Ulil Amna, S.Si, M.Sc, Mulia Safrida Sari, S.Pd, M.Si, Tisna Harmawan, S.Si, M.Si, Elisa Agustin, S.Si, dan Dahliana, S.Si. Ketua tim pengabdian, Ulil Amna, S.Si, M.Sc, menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai manfaat daun kari yang sering dijumpai di Aceh.

“Daun kari tidak hanya bermanfaat sebagai bumbu masakan, tetapi juga memiliki khasiat kesehatan, seperti menjadi bahan dasar deodorant anti bakteri,” ujar Ulil Amna. Ia menambahkan, kegiatan ini memanfaatkan sumber daya alam yang tersedia di lingkungan sekitar untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat setempat. Selain itu, pelatihan ini diharapkan dapat membuka peluang usaha seperti UMKM desa dengan memanfaatkan produk lokal seperti daun kari.

Pelatihan ini diharapkan dapat menginspirasi warga Desa Jamur Labu untuk mengembangkan potensi lokal menjadi produk bernilai ekonomi tinggi, sekaligus meningkatkan kesadaran akan pentingnya pemanfaatan sumber daya alam secara kreatif dan inovatif.

Exit mobile version