Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) sebagai bagian dari tri dharma perguruan tinggi telah dijalankan dengan sukses oleh dosen Jurusan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo (FKIP UHO). Kegiatan PKM tersebut berlangsung di Desa Tumbu-tumbu Kecamatan Kolono Timur Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) dan bertujuan untuk menerapkan hasil-hasil penelitian dari para dosen dan mahasiswa Jurusan Biologi FKIP UHO serta membantu menyelesaikan masalah di lingkungan masyarakat.

Ketua Jurusan Pendidikan Biologi, Lili Darlian, S.Si., M.Si., menjelaskan bahwa kegiatan PKM ini mengangkat dua tema utama. Pertama, pengenalan dan pelestarian tumbuhan obat bagi masyarakat, yang bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya tumbuhan obat dan upaya pelestariannya. Kedua, peningkatan wawasan dan kesadaran lingkungan masyarakat di Desa Tumbu-Tumbu Jaya, Kecamatan Kolono Timur, Kabupaten Konawe Selatan, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Kegiatan PKM ini melibatkan seluruh dosen Jurusan Pendidikan Biologi FKIP UHO, yang dibagi menjadi dua tim, dengan Dr. I Wayan Suama, M.Si., dan Drs. La Kolaka, M.Si., sebagai Ketua Tim. Acara ini juga dihadiri oleh Kepala Desa dan warga masyarakat Desa Tumbu-Tumbu Jaya, serta melibatkan beberapa mahasiswa dari Jurusan Pendidikan Biologi FKIP UHO.

Dalam kesempatan tersebut, Lili Darlian berharap agar masyarakat Desa Tumbu-Tumbu Jaya dapat memperoleh manfaat dari tema yang diangkat dalam kegiatan ini, dan berharap kegiatan PKM ini dapat berkesinambungan. Selain itu, ia berharap Desa Tumbu-Tumbu Jaya dapat menjadi salah satu Desa Binaan bagi Jurusan Pendidikan Biologi FKIP UHO.