Site icon Berita Dosen

Dosen ITSKes Muhammadiyah Selong Gelar Workshop Modernisasi Administrasi di Ponpes Al Madinatul Islamiyah

Institut Teknologi Sosial dan Kesehatan (ITSKes) Muhammadiyah Selong, Kabupaten Lombok Timur, NTB, melalui program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) menggelar workshop bertema “Modernisasi Administrasi Santri Melalui Peningkatan Literasi Statistik Pengurus Pondok Pesantren Al Madinatul Islamiyah Rumeneng.” Acara ini berlangsung pada tanggal 2-3 September 2024 di Lendang Karang, Desa Paok Motong, Kecamatan Masbagik, Kabupaten Lombok Timur.


Ratna Yuniarti, M.Sc., selaku ketua tim kegiatan, menjelaskan bahwa workshop ini dimulai dengan tiga sesi materi yang dipandu oleh Salmi Yuniar Bahri, M.E., sebagai moderator. “Antusiasme para santri terlihat jelas dari berbagai pertanyaan yang diajukan selama sesi berlangsung,” ujar Ratna pada Selasa (3/9/2024).
Ratna menambahkan bahwa program PKM ini juga melibatkan anggota tim lainnya, yakni Abdul Chalel Rahman, M.CS dan Muhammad Atha’ Iqbal, M.AP, serta mahasiswa dari program studi Administrasi Publik dan Bisnis Digital. Ia menyatakan bahwa kegiatan ini berjalan lancar berkat dukungan dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) yang memberikan dana hibah tahun 2024 dengan kontrak No.2928/LL8/AL.04/2024.
Pimpinan Pondok Pesantren Al Madinatul Islamiyah, Ustaz As’ari, M.Pd, menyampaikan apresiasinya atas inisiatif ITSKes Muhammadiyah Selong dalam menyelenggarakan workshop ini. Ia juga mengingatkan para asatidz (guru) untuk terus memperbarui pengetahuan mereka agar tidak tertinggal oleh perkembangan teknologi yang pesat.
“Kami berharap akan ada lebih banyak pelatihan serupa di masa mendatang, untuk memperkaya pengetahuan para santri dan santriwati,” tutupnya.

Exit mobile version