Sebuah tim Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Semarang (PkM USM) yang terdiri atas dosen Fakultas Ekonomi (FE), dua mahasiswa, dan ibu Windari Sulistyowati, memberikan pelatihan digital marketing pada marketplace sebagai strategi pemasaran produk UMKM di Semarang pada 30 Mei 2023. Kegiatan yang didanai oleh Universitas Semarang itu mengambil tema “Pelatihan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Produk UMKM”.

Dosen FE USM, Sulistyorini, menjelaskan pentingnya digital marketing dalam memperluas pasar dan memperbaiki komunikasi antara pemilik usaha dan konsumen. Tim pengabdi mendampingi dan melatih para pelaku usaha dalam membuka serta mengoperasionalkan marketplace yang akan digunakan sebagai strategi pemasaran digital.

Selain itu, Any Setyarini dan Scorina Dwiantari menambahkan shopee dan tiktok sebagai marketplace yang efektif untuk pemasaran online UMKM. Dalam pelatihan tersebut, para pelaku usaha akan mendapatkan pemahaman dan pengetahuan untuk memasarkan produknya di dua marketplace tersebut. Mayoritas pembeli online saat ini sudah banyak yang beralih mencari dan membeli produk melalui shopee dan tiktok, sehingga pelatihan ini penting bagi para pelaku usaha untuk mengembangkan bisnisnya.